PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mendirikan anak usaha baru bernama PT Berkah Renewable Energi Nusantara. Perusahaan ini didirikan AKRA pada Jumat (5/1) bersama dengan anak usaha AKRA yang lain, yakni PT Usaha Era Pratama.

Berkah Renewable Energi Nusantara berkedudukan di Gresik, Jawa Timur. Direktur dan Sekretaris Perusahaan AKRA Suresh Vembu menyebut, maksud dan tujuan Berkah Renewable Energi Nusantara adalah bergerak di bidang pengoperasian pembangkit Listrik, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan penyediaan energi.

Lebih lanjut, perusahaan ini akan bergerak di bidang penyediaan energi listrik yang dapat menggunakan berbagai jenis sumber energi, di antaranya energi fosil, energi terbarukan, maupun campuran (hybrid). “Ini merupakan salah satu langkah AKRA dalam mengambil peluang dari sumber-sumber energi baru yang dibutuhkan oleh pelanggan industri,” terang Suresh kepada Kontan.co.id, Rabu (10/1).

Berkah Renewable Energi Nusantara akan beroperasi perdana di Kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik. Suresh melihat adanya peluang besar permintaan Listrik dari pelanggan industri yang ada di JIIPE Gresik dan sekitarnya.

Untuk sementara, lingkup bisnis Berkah Renewable Energi Nusantara akan difokuskan di area tersebut. “Tetapi kami juga akan mempelajari perkembangan permintaan di luar area JIIPE Gresik,” sambung Suresh.

Suresh menyebut, KEK JIIPE sebelumnya sudah memasang panel surya yang disediakan oleh PT Xurya Daya Indonesia (Xurya). Hal ini dilakukan oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, anak perusahaan AKRA selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE. Nantinya, pemasangan panel surya akan lebih dikembangkan di bawah perusahaan baru ini.

Untuk menunjang pendirian anak usaha baru ini, AKRA telah menempatkan modal Rp 30 miliar dari kas internal.  Perusahaan penyalur bahan bakar minyak (BBM) ini akan meninjau kembali kebutuhan modal yang dibutuhkan jika perusahaan sudah mulai beroperasi.

Suresh meyakini, pendirian anak usaha baru tersebut bisa menambah pendapatan berulang (recurring income) AKRA dari penyediaan utilitas di JIIPE.

Sepanjang 2023, Suresh menyebut JIIPE mampu menarik investor untuk berinvestasi lebih besar, dengan mencatatkan penjualan lahan hingga 90,6 hektare (Ha). Realisasi ini lebih tinggi dari target yang dianggarkan pada tahun lalu, yakni 70 Ha sampai 75 Ha.

Rinciannya, perusahaan asal Amerika Serikat membeli lahan seluas 10 Ha. Kemudian, investor yang berbasis di Hongkong Kong membeli lahan seluas 61 Ha untuk keperluan pembangunan pabrik solar panel. Terakhir, ada Hailiang yang merupakan produsen lembaran tembaga (copper strip) dari China membeli 19,6 Ha.

Sedangkan untuk tahun ini, target penjualan lahan JIIPE yang dipasang AKRA mencapai 130 Ha.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/dirikan-anak-usaha-baru-akr-corporindo-akra-gali-potensi-bisnis-energi-terbarukan#

0 0 votes
Stock Rating