Deposito merupakan salah satu instrumen investasi rendah risiko yang diminati masyarakat. Membuka deposito tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Selain itu, imbal hasil dari deposito juga dapat diperhitungkan sejak awal dan bersifat stabil.

Mengikuti tingkat risikonya yang minim, imbal hasil atau return deposito memang terhitung moderat. Namun, berinvestasi di deposito juga memberikan peace of mind atau ketenangan bagi investor

Bandingkan dengan investasi jangka pendek lain yang imbal hasilnya tinggi, tetapi juga lebih berisiko. Sebagai contoh, peer to peer lending (P2P lending).

Pemberi pinjaman atau lender dapat memperoleh return 10%-20% per tahun. Meski demikian, ada risiko telat bayar bahkan gagal bayar karena pengembalian investasi bergantung kepada kinerja bisnis peminjam (borrower).

Investor pun dapat meningkatkan imbal hasil dari deposito dengan menempatkan aset di deposito dengan bunga kompetitif. Terlebih, bila deposito dipadukan dengan investasi lain yang secara historis kinerjanya cenderung positif, yaitu valas atau mata uang asing.

Salah satu program deposito valas yang menawarkan besaran suku bunga spesial bagi nasabah adalah Program Deposito Blue Sakura Premiere dari J Trust Bank yang berlangsung selama periode 1 Februari—31 Juli 2024. Program deposito valas ini memberikan bunga yang sangat kompetitif, yakni hingga 5,00% per tahun (p.a). Nasabah baru dan eksisting J Trust Bank, baik perorangan maupun badan usaha, dapat mengikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere.

Caranya, nasabah menempatkan valas minimum USD1.000 di deposito dengan tenor tiga bulan atau enam bulan. Suku bunga yang diberikan mulai dari 3,75% p.a hingga 5,00% p.a. Ilustrasi penempatan dan suku bunga dalam Program Deposito Blue Sakura Premiere dapat dilihat sebagai berikut.

Untuk mengikuti program ini, dana harus berupa fresh fund, yaitu berasal dari rekening di luar J Trust Bank dan tidak berasal dari pemindahbukuan antar rekening di J Trust Bank.

Sebagaimana deposito berjangka, Deposito Blue Sakura Premiere juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah mencairkan deposito atau break dari program sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

Penalti break program berupa pemberlakuan suku bunga deposito menjadi 0,1% p.a, dihitung sejak awal penempatan deposito. Selain itu, kelebihan imbal hasil yang sudah diterima juga harus dikembalikan nasabah, dipotong dari jumlah deposito yang ditempatkan.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apabila ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda melepaskan potensi imbal hasil yang sudah ada di depan mata.

Nasabah juga perlu mengetahui, penjaminan simpanan nasabah pada bank diatur berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari jumlah simpanan maupun besaran suku bunga. Oleh karena itu, simpanan dengan suku bunga melebihi ketentuan yang diberlakukan LPS akan dijamin oleh bank terkait itu sendiri.

Keputusan investasi kembali pada investor masing-masing. Pertimbangkan risiko yang dapat ditoleransi dan sesuaikan investasi dengan kebutuhan serta tujuan keuangan.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/ingin-pacu-kinerja-investasi-deposito-valas-ini-berikan-bunga-hingga-5-pa

0 0 votes
Stock Rating