PT Bank KB Bukopin Tbk (“KB Bukopin”) mencatat sejumlah pencapaian kinerja pada tahun 2023, di antaranya pertumbuhan kredit segmen wholesale sebesar 12,90% secara tahunan hingga kuartal III 2023. KB Bukopin juga optimis dapat mengejar pertumbuhan yang berkelanjutan dengan tetap mengedepankan pelayanan yang berkualitas bagi nasabah di tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan jajaran manajemen KB Bukopin dalam Paparan Publik Tahun 2023 pada Jumat (22/12) melalui webinar. Dalam Paparan Publik itu, para petinggi KB Bukopin menjelaskan langkah strategis Perseroan di tahun 2024, transformasi digital, dan kinerja di tahun 2023 termasuk perkembangan menuju turnaround.

Narasumber yang hadir dari KB Bukopin yaitu Presiden Direktur Woo Yeul Lee, Wakil Presiden Direktur Robby Mondong, Direktur Keuangan Seng Hyup Shin, Direktur Operasi Helmi Fakhrudin, Direktur Kepatuhan Dodi Widjajanto, Direktur SME & Wholesale Yohanes Suhardi dan Direktur Kredit Henry Sawali.

Dalam paparannya, Presiden Direktur KB Bukopin Woo Yeul Lee menyampaikan bahwa KB Bukopin berdedikasi untuk mendorong inovasi, merangkul perubahan, dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

“Dalam menghadapi lanskap industri keuangan yang dinamis, yakinlah bahwa KB Bukopin tetap teguh dalam mengejar pertumbuhan, keberlanjutan, dan pelayanan yang prima,” tuturnya.

Sejak mendapatkan dukungan penuh dari dari KB Financial Group atau KBFG dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali, KB Bukopin telah menunjukkan sejumlah pertumbuhan positif.

Pertumbuhan tersebut antara lain ditunjukkan penyaluran kredit Bank KB Bukopin pada segmen wholesale yang mencatat peningkatan sebesar 12,90% secara tahunan hingga kuartal III 2023. Peluang dari sektor bisnis Korean Link turut berkontribusi pada pertumbuhan dalam segmen ini.

Wakil Presiden Direktur KB Bukopin Robby Mondong memaparkan, “Selanjutnya, kami juga mencatat hasil positif terhadap aplikasi perbankan digital ‘KBstar’. Dengan lebih dari 25 ribu download sejak diluncurkan pada September 2023, memberikan optimisme untuk terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi nasabah.”

Selain itu tingkat kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank KB Bukopin stabil sebesar 33,16% atau lebih tinggi dari industri di 27,33%. Tingkat kredit berisiko atau Loan at Risk (LAR) menunjukkan perbaikan sebesar 23,57% secara year on year (yoy), memperbaiki rasio LAR dari 53,50% menjadi 43,96%. Hal ini menunjukkan agenda transformasi Bank KB Bukopin menunjukkan perkembangan yang baik di tengah ketidakpastian situasi ekonomi global.

Direktur Keuangan KB Bukopin Seng Hyup Shin menyampaikan bahwa hasil yang positif itu merupakan buah dari komitmen KB Bukopin untuk meningkatkan kualitas fundamental melalui optimalisasi aset. Keberhasilan dalam pemulihan aset bermasalah, kinerja kredit yang kuat di segmen wholesale, serta perluasan portofolio kredit melalui kemitraan strategis dengan bisnis Korea menggarisbawahi dedikasi Bank KB Bukopin untuk terus bertumbuh dan unggul.

“Melihat kinerja yang telah kami capai sejauh ini, ada rasa percaya diri dan optimisme bahwa kami telah membuat langkah yang signifikan dalam memajukan agenda strategis KB Bukopin. Keberhasilan dalam optimalisasi aset dan kinerja kredit menempatkan kami pada posisi yang baik untuk masa depan,” imbuh Seng Hyup Shin.

Bank KB Bukopin optimis akan menuju pencapaian Pendapatan Operasional Sebelum Pencadangan atau Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) yang positif di tahun 2024 dan membukukan laba bersih pada tahun 2025.

Target ke depan ini bukan hanya sekedar aspirasi, namun merupakan komitmen strategis yang didukung oleh KB Financial Group selaku Ultimate Shareholder yang memiliki kekuatan modal, kekuatan merek, basis nasabah terbesar dan jaringan yang luas di beberapa negara yang diyakini akan memberikan solusi keuangan yang optimal kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) melalui kolaborasi di antara afiliasi yang dimilikinya.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/kb-bukopin-optimis-bukukan-ppop-positif-di-2024

0 0 votes
Stock Rating