PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang melakukan pemeriksaan terhadap salah satu saham emiten Prajogo Pangestu, yakni PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) yang terus menguat. 

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Kristian Manullang menuturkan saat ini Bursa masih memeriksa pergerakan harga saham CUAN yang tidak wajar, tanpa ada gangguan atau kendala. 

“Kami belum mendapatkan kesimpulan. Kalau ada temuan indikasi manipulasi akan kami koordinasikan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelas dia, Kamis (9/1). 

Kristian mengatakan nantinya laporan yang akan disampaikan BEI akan diperiksa lebih dalam oleh OJK. Ini dilakukan untuk membuktikan indikasi manipulasi yang berpotensi ditemukan Bursa. 

Pasalnya saham CUAN telah menguat hingga ribuan persen sejak melantai di Bursa pada 8 Maret 2023. Dalam catatan Kontan, BEI telah lima kali menghentikan sementara perdagangan saham CUAN. 

Yakni pada 15 Agustus 2023, 18 Agustus 2023, 7 November 2023, 10 November 2023 dan 19 Desember 2023. Pada 18 Desember 2023, CUAN bertengger di level Rp 13.425 per saham. 

Pada gelaran penawaran umum perdana saham alias Initial Public Offering (IPO) CUAN hanya menawarkan saham senilai Rp 220. Artinya, saham emiten batubara itu telah melejit 6.002%. 

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/menguat-tak-wajar-bei-masih-periksa-pergerakan-saham-cuan-milik-prajogo-pangestu

0 0 votes
Stock Rating