PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menyatakan hingga kuartal III 2023 telah memberikan penjaminan kepada 47 proyek dengan nilai mencapai Rp 474 triliun.

Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 31 proyek yang dijaminkan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Sebanyak 19 di antaranya merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai investasi mencapai Rp 268 triliun.

“Penjaminan yang diberikan mencakup konektivitas masyarakat, peningkatan akses air bersih, konservasi energi, ketenagalistrikan, dan telekomunikasi,” kata Sutopo dalam diskusi bertajuk Dukungan Percepatan Penyediaan Infrastruktur oleh Pemerintah di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Selain menggunakan skema KPBU, Sutopo mengatakan PT PII juga ditugaskan menjamin 16 proyek dengan skema non-KPBU. Adapun tugas lain yang dilakukan PT PII adalah penjaminan 8 program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada BUMN yang terdampak Covid-19.

“Dengan demikian, PT PII telah melaksanakan mandat penjaminan 47 proyek dengan total nilai investasi mencapai Rp 474 triliun,” kata Sutopo.

PT PII sendiri merupakan Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kementerian Keuangan. Lembaga special mission vehicle yang dibentuk pada 2009 ini memiliki tugas utama dalam mendukung keterlibatan swasta dalam proyek-proyek pemerintah.

Dalam pengelolaan risiko proyek KPBU, PT PII melakukan penjaminan pada tahap pra-konstruksi, konstruksi, dan operasi. Risiko yang dijamin, antara lain adanya perubahan hukum yang diskriminatif (project specific), keterlambatan persetujuan yang penting, terminasi dini akibat tindakan pemerintah, keterlambatan penyediaan lahan proyek, dan risiko pembayaran layanan.

Dalam catatan CNBC Indonesia mengenai kinerja PT PII tahun 2022, perseroan berhasil mendapatkan nilai investasi hingga Rp 550 triliun. Tercatat terdapat 49 proyek yang dijamin oleh PT PII, berupa 33 proyek KPBU dan 16 proyek non-KPBU.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20231208151539-4-495705/pii-beri-penjaminan-47-proyek-senilai-rp474-t-di-kuartal-iii

0 0 votes
Stock Rating