Beberapa Manajer Investasi (MI) sukses meracik portofolio reksadana saham saat pasar bergerak volatil. Performa apik produk reksadana secara konsisten dipertahankan dari awal tahun 2023.

Henan Putihrai Asset Management (HPAM) dan Majoris Asset Management (Majoris AM) merupakan barisan Manajer Investasi yang mengelola produk reksadana saham dengan sangat baik di sepanjang tahun ini.

Setidaknya terdapat masing-masing dua produk reksadana saham yang mampu berada di urutan 10 produk teratas.

Produk HPAM dan Majoris AM merupakan jempolan untuk kelas aset reksadana saham. Hasil positif mampu dicapai di saat mayoritas produk reksadana saham lainnya mengalami koreksi yang tercermin dari Infovesta 90 Equity Fund Index sebesar -4.12% ytd.

Pertumbuhan return produk HPAM dan Majoris AM, bahkan masih lebih tingggi daripada performa kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang bertumbuh sebesar 3.36%ytd.

Daftar 10 Produk Reksadana Saham Berkinerja Terbaik

Chief Investment Officer PT Majoris Asset Management Rafdi Prima mengungkapkan bahwa penerapan strategi bottom up dari level emiten cukup penting dalam mencapai pertumbuhan produk yang signifikan.

Sebab, pada prinsipnya produk reksadana kelolaan Majoris berinvestasi di perusahaan dengan kualitas baik.

Beberapa saham perbankan dan consumer cyclical menjadi mesin pertumbuhan bagi produk reksadana saham kelolaan Majoris di tahun 2023. Demikian juga beberapa saham dari sektor industri dasar.

“Emiten-emiten ini bisa beroperasi dalam keadaan baik maupun kurang baik, dan juga unggul dalam situasi kompetitif sekalipun,” kata Rafdi kepada Kontan.co.id, Jumat (8/12).

Rafdi menjelaskan, Majoris secara aktif berinvestasi pada saham-saham dengan potensi return jangka panjang berada di atas pasar. Sehingga, strategi yang diterapkan dalam mengelola portofolio cenderung Buy and Hold.

Portofolio produk reksadana saham Majoris hanya akan diganti mengikuti keputusan dan pertimbangan jangka panjang. Namun, rotasi ke saham-saham lainnya sangat mungkin terjadi seiring perkembangan pasar terkini.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/racikan-manajer-investasi-hasilkan-produk-unggulan-reksadana-saham

0 0 votes
Stock Rating