PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini (7/2). Pada perdagangan perdana, hingga pukul 09:01 WIB, saham ALII naik 0,74% ke posisi harga Rp 274 per saham.

Perusahaan yang terafiliasi Grup Bakrie ini menawarkan sebanyak 3,16 miliar saham dalam initial public offering (IPO) dengan harga penawaran umum sebesar 272 per saham.

Jumlah itu setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh pasca IPO. Adapun sebanyak 0,94% dari saham yang ditawarkan dalam IPO atau sebanyak 8 juta saham dialokasikan Ancara Logistics untuk menggelar program Alokasi Saham Karyawan.

Direktur Utama ALII Faisal Mohamad Nur mengatakan, Perseroan mampu mengumpulkan Rp 860,9 miliar dari IPO.

PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Samuel Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

Faisal memaparkan, dana hasil IPO akan digunakan oleh Ancara Logistics untuk tiga keperluan utama.

Pertama, sebesar 75,00% akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada Perusahaan Anak, yaitu Mahakam Coal Terminal, yang nantinya akan dipakai untuk pembayaran sebagian atau pelunasan pokok utang. 

Kedua, sekitar 21,44% dana akan dialokasikan untuk akuisisi 15 kapal tongkang sungai yang baru.

“Sisanya akan digunakan untuk modal kerja ALII,” ujarnya dalam IPO ALII, Rabu (7/2).

Asal tahu saja, hubungan afiliasi ALII dengan konglomerasi Bakrie ditunjukkan dari salah satu pemegang saham Perseroan, yaitu Aninditha Anestya Bakrie. Dia tercatat mengempit 383,29 juta saham ALII. 

Aninditha adalah putri dari pewaris konglomerasi Bakrie, yakni Aburizal Bakrie. Aninditha juga sekaligus menjabat sebagai komisaris di Ancara Logistics.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/resmi-melantai-di-bei-hari-ini-saham-alii-naik-074

0 0 votes
Stock Rating