Saham PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX) berhasil melonjak pada perdagangan perdananya di Bursa Efek Indonesia. MPIX menyentuh batas auto rejection atas (ARA) pada Rabu (7/2). 

MPIX melesat 24,63% atau naik 66 poin ke level Rp 334 per saham. Pengelola aplikasi MPStore ini menetapkan harga penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) di Rp 268.

Dalam aksi korporasi ini, Mitra Pedagang Indonesia menawarkan sebanyak-banyaknya 312,50 juta saham. Nilai tersebut setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor pasca IPO. 

Alhasil, perusahaan penyedia platform digital untuk UMKM dan e-commerce ini berhasil memperoleh dana segar Rp 83,75 miliar. Seluruh dana dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk dua hal. 

Sekitar 89% akan dipakai untuk pembiayaan modal kerja guna mendukung kegiatan operasional MPIX. Sebesar 11% akan digunakan MPIX untuk belanja modal alias capital expenditure (capex) yang berupa renovasi dan sewa hub

Direktur Utama Mitra Pedagang Indonesia Abdul Muidz menjelaskan kecilnya jumlah penetrasi transisi ke bisnis digital menunjukkan sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia masih menjalankan bisnis secara konvensional.

“Dengan membangun aplikasi MPStore yang dibentuk dari masalah UMKM mendorong pertumbuhan kami konsisten triple digit,” kata dia. 

Mitra Pedagang Indonesia sendiri baru berdiri pada 2019 di Bangkalan, Madura. Hingga saat ini, MPIX telah memiliki 500.000 lebih pelaku UMKM sebagai mitra MPStroe.

Sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/saham-mitra-pedagang-indonesia-mpix-tembus-ara-di-perdagangan-perdana

0 0 votes
Stock Rating