Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku belum menerima laporan apapun terkait rencana investasi induk TikTok, yakni ByteDance ke GoTo.

“Saya belum tahu, saya juga belum ketemu,” kata Bahlil saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Bahlil mengatakan, pihak-pihak yang akan melakukan investasi itu pun belum ada yang menjalin komunikasi dengan tim Kementerian Investasi/Kepala BKPM.

Padahal, Bahlil mengingatkan, setiap investasi yang akan masuk seharusnya dilaporkan ke Sistem Online Single Submission (OSS) atau Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. “Secara aturan kan semua izinnya lewat OSS. Kalau OSS berarti di Kementerian Investasi,” tegas Bahlil.

“Kalau mereka ada komunikasi, silahkan saja. Tapi belum ada komunikasi sama saya,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan juga mengatakan belum ada izin baru yang masuk dari pihak ByteDance terkait kerja sama dengan GoTo.

“Izin baru, belum. Izin baru (mungkin) nggak, tapi kerjasama sama yang lokal,” ujar dia saat ditemui di acara Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

TikTok sendiri dilaporkan telah sepakat untuk bergabung dengan Tokopedia yang merupakan unit usaha e-commerce milik GoTo. Langkah ini demi mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia.

TikTok dan GoTo dijadwalkan akan mengumumkan kerja sama ini pada pekan depan, menurut sumber dalam, dikutip dari YahooFinance.

Detil kerja sama selengkapnya belum diungkap. Nilai investasi dan bentuk kerja sama keduanya secara teknis juga belum diumumkan secara formal.

Investasi ByteDance ke Tokopedia menunjukkan pentingnya Indonesia sebagai pasar e-commerce bagi TikTok Shop.

Diketahui, TikTok Shop tutup beberapa bulan lalu karena peraturan dari Kementerian Perdagangan yang melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce.

Dengan gabung ke Tokopedia, TikTok Shop bisa kembali beroperasi di Indonesia. Layanan tersebut akan bersaing dengan pemain lain.

Namun, perwakilan TikTok dan GoTo menolak berkomentar.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20231207125254-17-495305/tiktok-disebut-gabung-goto-menteri-investasi-buka-suara

0 0 votes
Stock Rating